Ulasan Acer Nitro XV272: Game tingkat atas pada monitor 1080p

Kelebihan:

  • Warna yang sangat akurat  
  • Kualitas gambar out-of-box yang bagus 
  • Rentang penyesuaian gambar yang bagus 
  • Performa gerakan yang halus dan jernih 

Kekurangan:

  • Mahal untuk monitor 1080p 
  • Hambar, desain dasar  
  • Kecerahan SDR sederhana 

Putusan kami

Acer Nitro XV272 harganya lebih mahal daripada banyak monitor 1080p, tetapi layar IPS, 165Hz memberikan kualitas gambar dan kinerja gerak di atas rata-rata, dan rangkaian lengkap penyesuaian dudukan monitor dan rangkaian port yang banyak membuatnya sepadan dengan biayanya.

Resolusi 1080p bukanlah yang terbaru, tetapi tetap menjadi resolusi paling populer di antara tampilan PC modern. Ini sering kali karena anggaran: Ada lusinan monitor 1080p murah. Namun apa yang terjadi jika monitor 1080p menjadikan kualitas gambar sebagai prioritas?

Acer XV272: Spesifikasinya

Acer Nitro XV272 (LVbmiiprx) adalah monitor 1080p 27 inci dengan panel IPS dan kecepatan refresh 165Hz. Ini menempatkannya tepat di segmen pasar monitor yang paling ramai. Berikut adalah spesifikasi paling penting dari XV272.

  • Ukuran layar: 27 inci 
  • Resolusi asli: 1920×1080 
  • Jenis panel: IPS 
  • Kecepatan refresh: Hingga 165Hz 
  • Sinkronisasi adaptif: AMD FreeSync Premium dan Kompatibel dengan G-Sync 
  • Port: 2x HDMI 2.0, 1x DisplayPort, 4x USB 3 
  • Penyesuaian dudukan: Tinggi, miring, putar, pivot 
  • Dudukan VESA: Ya, 100x100mm 
  • Pembicara: Ya 
  • Harga: $349 MSRP, sekitar $279 tipikal 

Beberapa fitur membantu Nitro XV272 menonjol. Ini memiliki penyegaran 165Hz dan kompatibel dengan AMD FreeSync dan Nvidia G-Sync. Ini juga memiliki tiga input video, empat port USB, dan dudukan dengan banyak penyesuaian ergonomis. Fitur-fitur ini menandakan bahwa Nitro XV272, meskipun tidak mahal, berada di atas monitor 1080p level pemula, untuk informasi monitor gaming canggih lainnya di semua yang perlu anda ketahui tentang hdr di pc anda.

Acer Nitro XV272: Desain

Nama “Nitro” mungkin terdengar menarik, tetapi XV272, seperti semua monitor dari Acer lainnya, terlihat cukup sederhana. Sub-merek Nitro Acer berfokus pada kinerja daripada desain. Pada dasarnya semua monitor Nitro menggunakan housing hitam matte sederhana yang dipasangkan dengan dudukan tipis dengan alas bundar. Itu membosankan tapi tidak menyinggung.

Dudukannya terasa murah saat dipegang tetapi menawarkan banyak penyesuaian ergonomis. Ini termasuk ketinggian, kemiringan, putar, dan bahkan pivot. Swivel dan pivot tidak dijamin pada titik harga ini, jadi bagus untuk melihatnya di sini. Ada juga dudukan VESA 100x100mm untuk memasang lengan atau dudukan monitor pihak ketiga. 

Ada satu masalah dengan dudukannya: manajemen kabel. Anda tidak akan menemukan lubang di dudukan untuk merutekan kabel. Sebagai gantinya, Acer menggunakan klip kecil di alasnya yang melakukan pekerjaan yang sangat buruk untuk menjaga agar kabel tetap terbungkus.  

Acer XV272: Fitur dan menu 

Konektivitas mencakup dua port HDMI 2.0, plus satu DisplayPort, dan total empat port USB-A 3.0 untuk menyambungkan periferal berkabel. Ini menjadikan monitor sebagai hub USB yang cukup berguna, meskipun tidak memiliki fitur yang lebih canggih seperti USB-C dengan Power Delivery. Meski begitu, Acer Nitro XV272 memiliki lebih banyak port daripada kebanyakan monitor gaming 1080p.

Sistem menu Nitro XV272 bisa lebih baik. Tampilannya biasa saja, dengan ikon sederhana dan font yang tidak menarik, dan tidak terasa responsif saat menggunakan joystick untuk menelusuri opsi. Joystick dan tombol pilih mudah digunakan, tetapi tombol daya agak terlalu dekat dengan tombol pilih. Saya tidak sengaja mematikan monitor beberapa kali. 

Masalah-masalah ini menyembunyikan daftar opsi kualitas gambar yang sangat kuat. Ini termasuk prasetel gamma yang tepat, beberapa mode suhu warna, dan penyesuaian saturasi warna dan rona enam arah. Ada juga beberapa fitur game-centric seperti penghitung frame-per-detik dan built-in aim point. Monitor tidak memiliki pengaturan equalizer hitam untuk mencerahkan area gelap, yang mungkin mengecewakan penggemar penembak kompetitif.  

Monitor mencakup sepasang speaker dua watt. Mereka tidak bagus tetapi cocok untuk podcast, YouTube, atau game dengan audio yang kurang mengesankan. Anda pasti ingin memakai headset saat kualitas suara penting. 

Acer XV272: kualitas gambar SDR

Acer Nitro XV272 mendekati harga tertinggi untuk layar 1080p 27 inci. Gamer dapat mengambil monitor 1440p atau 4K dengan harga yang sama. Acer memerangi ini dengan gambar yang jelas dan akurat.  

Kecerahan SDR hadir sekitar 250 nits. Ini rendah tetapi, seperti yang akan Anda lihat ketika saya membahas HDR, itu bukan kecerahan maksimum monitor yang sebenarnya. Acer tampaknya membatasi potensi maksimal monitor dalam mode SDR. Konon, monitor masih cukup terang untuk digunakan di hampir semua situasi. Ini hanya akan tampak redup jika digunakan di seberang jendela yang diterangi matahari.

Rasio kontras sederhana Nitro XV272 tipikal untuk monitor gaming IPS modern tanpa teknologi Mini-LED. Seperti rekan-rekannya, XV272 menderita “IPS glow” —penampilan berkabut dan bernoda yang terlihat dalam pemandangan gelap.  

Konon, rasio kontras monitor bagus untuk harganya. Selain teknologi panel IPS Black LG yang baru, yang saat ini tersedia hanya dalam beberapa tampilan dari Dell, tidak ada monitor IPS tanpa Mini-LED yang bekerja jauh lebih baik. 

Gamut warna solid, mencakup seluruh ruang warna sRGB ditambah 88 persen DCI-P3. Kisaran warna yang dapat ditampilkan sangat bagus untuk monitor gaming kelas menengah dan memberikan keunggulan dibandingkan alternatif dengan ruang warna yang lebih sempit. Warna yang ditambahkan memberikan tampilan yang jelas dan jenuh yang menarik dalam game.  

Mengenai akurasi warna, Nitro XV272 membuatnya luar biasa, dengan akurasi warna standar yang lebih khas dari monitor profesional kelas atas daripada monitor gaming kelas menengah.

Acer tidak menjual XV272 sebagai tampilan profesional, dan resolusi 1080pnya yang kecil akan membuatnya tidak disukai banyak orang, tetapi pencipta yang berpegang pada resolusi 1080p akan menganggap monitor ini sangat mampu saat mengedit foto, video, dan seni digital.

Monitor memiliki kurva gamma ideal 2.2, yang berarti konten terlihat seterang yang dimaksudkan. Temperatur warna default adalah 6200K, yang sedikit lebih hangat dan lebih kemerahan dari temperatur tipikal 6500K. Seperti disebutkan sebelumnya, monitor menawarkan beberapa pengaturan gamma dan suhu warna, jadi ada banyak ruang untuk menyesuaikan gambar jika Anda mau.  

Namun Anda tidak perlu melakukannya—dan itulah kekuatan terbesar monitor. Kontras XV272 yang layak, warna yang akurat, dan kurangnya kekurangan yang terlihat membuat pengalaman out-of-box yang fantastis. Gambar SDR hidup dan mengundang. 

Ada satu batasan yang jelas: resolusi. Ini adalah monitor 1080p 27 inci, yang diterjemahkan menjadi kerapatan piksel yang sedikit 81 piksel per inci. Font tidak terdefinisi dengan baik, video kurang tajam, dan game menampilkan kilauan dan pikselasi yang mengganggu. Ini bukan pemecah kesepakatan bagi saya, tetapi Anda harus tahu apa yang Anda hadapi. Alternatif 1440p akan terlihat jauh lebih tajam.  

Acer XV272: Performa HDR

Acer Nitro XV272 mendukung HDR dan bersertifikat VESA DisplayHDR 400. Dukungan HDR menjadi umum di antara tampilan game, tetapi masih terasa istimewa pada titik harga ini. Saya mengukur kecerahan HDR maksimum 450 nits, yang solid.  

Meskipun mendukung HDR, Nitro XV272 gagal mendeteksi sinyal HDR secara otomatis dan mengaktifkan mode HDR. Saya harus memilihnya secara manual. Ini gangguan kecil tapi mengecewakan, karena hampir semua monitor yang saya uji tidak memiliki masalah dalam mendeteksi HDR secara otomatis.   

Performa HDR Nitro XV272 lebih baik dari yang diharapkan. Ini memberikan kinerja yang lebih unggul dari monitor yang lebih mahal, seperti Gigabyte M27Q X dan Asus ProArt PA279CV, dengan gamut warna dan akurasi HDR yang lebih baik.  

Namun, pada akhirnya, ini adalah monitor anggaran yang tidak dapat melakukan keadilan HDR. Konten HDR dapat memberikan detail yang sedikit lebih banyak di area terang, tetapi sebaliknya tidak selalu lebih berwarna atau kaya daripada di SDR—hanya terlihat sedikit berbeda, untuk membeli monitor gaming terbaru Anda dapat membelinya di Sell Gaming Monitor Singapore.

Acer XV272: Performa gerak 

Acer Nitro XV272 memiliki kecepatan refresh maksimum hingga 165Hz. Hal ini memberikan gerakan yang halus dan lancar dalam game dan rasa yang lebih cepat dan lebih responsif saat menggunakan desktop. Monitor secara resmi mendukung AMD FreeSync Premium dan Nvidia G-Sync, jadi Anda tidak perlu khawatir apakah monitor akan berfungsi dengan kartu video khusus Anda. 

Pembeli harus ingat ini adalah layar 1080p, yang tidak terlalu menuntut dibandingkan resolusi 1440p atau 4K. Mencapai kecepatan bingkai yang sepenuhnya menggunakan kecepatan refresh 165Hz dimungkinkan dalam berbagai judul. Ini adalah kabar baik bagi para gamer dengan anggaran terbatas. 

Kejernihan gerakan bagus pada pengaturan waktu respons default monitor. Monitor memiliki mode OverDrive, yang dapat diaktifkan saat menggunakan beberapa prasetel kualitas gambar berorientasi game. Hal ini dapat meningkatkan kejernihan tetapi juga menyebabkan overshoot, masalah di mana piksel bergerak melampaui warna yang diinginkan, menghasilkan artefak di sekitar objek berkontras tinggi. Sebagian besar pemilik sebaiknya membiarkan OverDrive pada pengaturan default Normal.

Jika Anda ingin membeli monitor gaming dan perlengkapannya Anda dapat membelinya di Sell Gaming Monitor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *